Pengertian dan Penjelasan Geografi


Didalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial, tidak lepas dalam pelajaran Geografi ini termasuk kategori Ilmu sosial, dalam artikel ini kita akan membahas sedikit mengenai Pengertian dan Penjelasan Geografi.
Geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu "geo", yang artinya bumi dan "graphien", yang berarti penjelasan atau tulisan. Jadi kedua kata tersebut digabungkan dalam kata "geography", kata geography sendiri dibuat dalam Bahasa Inggris.
Jadi Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi, lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) atas fenomena fisik, dan tentang kehidupan manusia di bumi.

Dari penjelasan tersebut di atas, maka bisa disimpulkan sebagai berikut:
  • Pengetahuan tentang persamaan dan perbedaan peristiwa alam dan kehidupan di muka bumi, yang dijelaskan bahwa Geografi akan mengkaji dan mempelajari berbagai faktor atau penyebab sekaligus mencari dan menemukan jawaban mengapa terjadinya persamaan dan perbedaan pada gejala geosfera antara suatu tempat dengan tempat lainnya.
  • Interaksi antara manusia dengan lingkungan sekitarnya, yaitu dimaksudkan bahwa manusia dalam memenuhi dan mencukupi kebutuhannya akan memanfaatkan lingkungan alam. Oleh karena itu dituntut agar kelestarian alam tetap terjaga.
  • Dalam kontek keruangan dan kewilayahan, yaitu maksudnya bahwa dalam mempelajari atau mengkaji persamaan serta perbedaan gejala geosfera maupun interaksi manusia dengan lingkungannya yang diutamakan adalah persebaran gejala geosfera di suatu wilayah dan interaksi manusia dengan lingkungannya. 

Dalam pelajaran Geografi sendiri ada istilah ilmu bumi, yang memperdalam pengetahuan dan proses-proses fenomena yang biasa terjadi, baik di permukaan, maupun di dalam perut bumi itu sendiri. Geografi lebih kepada tentang studi bentuk gambar dan peta serta bentuk-bentuk permukaan bumi, tetapi bukan hanya bentuk-bentuk permukaan saja, namun juga kedalam bentuk isi yang ada di dalam bumi maupun pada dasar bumi. Jadi Geografi merupakan ilmu yang menjelaskan mengenai kehidupan manusia beserta mahluk hidup lainnya, dan juga menjelaskan sebab akibat yang disebabkan oleh alam atau manusia.
Istilah Geografi diperkenalkan oleh Erastothenes pada tahun 100 SM (Sebelum Masehi), sehingga beliau disebut dan dikenal sebagai peletak dasar ilmu Geografi karena beliau telah memperkenalkan yang namanya istilah Geographika. Dan juga telah mengujicoba penghitungan keliling bumi secara matematis melalui perbandingan jarak busur Alexandria, Syene (Aswan) dengan keseluruhan bumi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian Geografi menurut para ahli adalah sebagai berikut:
  • Erastothenes : Geografi berasal dari kata Geographica yang berarti penulisan atau penggambaran dari bentuk muka bumi.
  • Claudius Ptolomaeus : Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.
  • Strabo : Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan.
  • Ullman : Geografi adalah interaksi antar ruang.
  • Paul Vidal de La Blance : Geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini.
  • Ekblaw dan Mulkerne : Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang dikonsumsi oleh manusia, pakaian yang digunakannya, rumah yang kita huni, dan tempat rekreasi yang kita nikmati.
  • Prof. Bintarto : Geografi adalah mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang berkaitan dengan kehidupan mahluk hidup serta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, lingkungan dan regional untuk kepentingan program, proses dan keberhasilan pembangunan.
  • Van Rithoffen : Geografi adalah studi tentang gejala, dan sifat-sifat permukaan bumi beserta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan sifat tersebut.  

PRINSIP-PRINSIP GEOGRAFI  
Secara  teoritis prinsip-prinsip geografi terdiri atas: prinsip penyebaran, prinsip interrelasi, prinsip deskripsi, dan prinsip kronologi.
Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:


  1. Prinsip Penyebaran
    Prinsip penyebaran merupakan dasar atau kunci utama dalam pengkajian ilmu Geografi yang dapat menggambarkan prinsip-prinsip lainnya. Prinsip ini menekankan kepada pemahaman bahwa fenomena geosfer itu tersebar pada seluruh permukaan bumi dengan cara tidak merata, tetapi memiliki hubungan antara dengan yang lainnya.
  1. Prinsip Interrelasi
    Prinsip interrelasi yaitu prinsip yang mengungkapkan tentang hubungan yang ada pada fenomena geosfer, misalnya hubungan antara faktor fisik dengan faktor manusia. Prinsip ini dapat dipergunakan untuk mengungkapkan karakter gejala atau fakta geografi pada sebuah region. Prinsip interrelasi ini dapat disajikan secara kuantitatif sehingga dapat diukur secara matematis.
  1. Prinsip Deskripsi
    Prinsip deskripsi merupakan kerangka kerja geografis dan sebagai kajian untuk mempenjelas atas sebab dan akibat terjadinya interrelasi yang dapat disajikan, bukan hanya dalam bentuk kalimat, tetapi juga ditampilkan pada bentuk peta, diagram, grafik, atau tabel.
  1. Prinsip Korologi
    Prinsip korologi adalah prinsip yang komprehensif, karena mempermudah semua yang ada pada prinsip geografi, sehingga prinsip ini merupakan prinsip yang paling penting dalam kajian geografi. Berdasarkan prinsip ini semua gejala, realita, dan masalah geografi tinjauan penyebaran, interrelasi, dan interaksinya, yaitu dalam ruang.

    Itulah sedikit artikel dan pembahasan mengenai Pengertian dan Penjelasan Geografi, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita yang mempelajari ilmu bumi.
Previous
This is the oldest page

7 komentar

Click here for komentar
12 September 2015 pukul 13.31 ×

bagus tu buat pembelajaran nantinya, thanks

Balas
avatar
admin
12 September 2015 pukul 16.06 ×

ok sama sama
thanx buat kunjungannya.

Balas
avatar
admin
18 November 2019 pukul 06.19 ×

Nama bukunya apa y gan?

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment